ISBN | 9786027820227 |
Halaman | 284 |
Dimensi (cm) | 14 x 19,5 |
Berat (gram) | 222 |
Harga | Rp 54.000 |
Sampul | Soft Cover |
Perintah pertama yang disampaikan Allah Ta’ala kepada kita adalah membaca. Iqra’ bismirabbika ladzi khalaq! Bacalah dengan menyebut Nama Tuhanmu yang menciptakan! (Q.s. Al-‘Alaq [96] : 1 ). Mengapa membaca? Allahu a’lam. Hanya Allah yang tahu. Kita hanya bisa mencoba menggali Hikmahnya. Ada apa dibalik membaca? Apa pentingnya membaca sehingga selama berpuluh tahun para Ahli mencurahkan perhatian yang sangat besar untuk melakukan penelitian tentangnya?
Mohammad Fauzil Adhim—sarjana psikologi, penulis produktif buku-buku bertema keluarga dan pendidikan anak—ingin berbagi pengalamannya yang luas tentang membaca. Berbeda dengan edisi lamanya, pada edisi ini Fauzil tidak sekedar memberikan teknik-teknik membaca untuk Anak, namun lebih penting dari itu, bagaimana para orang tua mampu menumbuhkan minat membaca yang kuat pada anak-anak. Selanjutnya, dijelaskan pulsa cara para orangtua memberikan pengalaman pramembaca yang menyenangkan dan kondisi yang kondusif agar anak-anak gila membaca.
Sebagaimana kesungguhannya yang tampak pada buku-buku lainnya, pada buku ini penulis juga sengaja menghadirkan berbagai riset ilmiah dan mutakhkir tentang teori dan teknik membaca untuk anak-anak , memberikan catatan dan koreksi seperlunya pada teori dan teknik lama.
Siapapun orangtua yang menghendaki anak-anaknya menjadi generasi Ulil Albab—berpikiran cemerlag, berakhlak mulia, dan berperasaan penuh kasih---sudah seharusnya membaca buku yang enak dibaca dan amat penting ini.
DAFTAR ISI
Kata pengantar – 9
Cerita tentang buku – 15
Pendahuluan – 25
BAGIAN 1
MEMBERI PENGALAMAN MEMBACA – 43
Kenakalan membaca sejak bayi – 46
1. Bacaan buku sejak Anak baru lahir – 47
2. Membuat pola baca – 51
3. Bukalah buku bersama anak – 53
4. Berikan buku yang sesuai – 56
5. Pilihan bacaan yang bergizi – 59
6. Cara lain ala glenn Doman – 65
Menggairahkan anak membaca sejak usia dua tahun – 73
1. Berikan pengalaman dengan WPB – 77
2. Apresiasi mandiri iluistrasi buku – 86
3. Apresiasi terpandu ilustrasi buku --- 88
4. Membaca depan Anak – 91
5. Membacakan cerita untuk anak --- 95
6. Menggantung khayalan anak – 107
7. Kodifikasi – 108
8. Kartu huruf – 109
9. Meminta anak mencarikan benda berhuruf depan – 111
10. Rekreasi ke toko buku – 113
11. Mintalah anak menceritakan isi buku -- -- 118
12. Ajak anak ke perpustakaan – 120
13. Katakan dengan buku – 123
14. Mendiskusikan isi buku – 125
15. Mengunjungi pameran ilmiah atau pameran buku – 127
16. Deklamasi – 129
17. Mendorong anak untuk bertanya – 130
18. Jam wajib baca – 137
19. Buku huruf – 142
20. Buku aktivitas dan buku mewarnai – 144
21. Papan tulis buat si kecil – 147
22. Menambah kosakata Anak – 148
23. Tadabur alam – 148
24. Memberikan pengalaman pramembaca huruf hijaiyah – 150
Mengajari membaca tak harus mahal – 154
Kemauan yang kuat dulu sebelum kemampuan – 158
BAGIAN 2
MENCIPTAKAN KONDISI YANG BAIK – 163
Berikan contoh kepada Anak – 166
Tampilkan kekayaan figur kepada anak – 169
Sesuaikan bacaan dengan Anak – 171
Saat membaca, saat menyenangkan – 176
Biarlah anak tahu bahwa anda membanggakannya – 186
Biarlah anak mempunyai pendapat yang berbeda – 188
Konsisten terhadap keputusan – 192
Anankpun memiliki harga diri – 196
Anak memerlukan keyakinan yang kuat – 197
Menunjukkan manfaat membaca kepada anak – 200
Menjamin kelancaran pengadaan bahan bacaan – 208
Merangsang kreativitas anak --- 211
Kehangantan Emosi saat membaca – 215
Secangkir susu sebelum subuh – 218
Ruang baca yang baik – 220
Jika anak malas membaca – 222
BAGIAN 3
DUNIA ANAK ADALAH DUNIA BERMAIN – 235
Agar kegiatan pramembaca terasa seperrti bermain –245
1. Mendorong anak untuk suka – 246
2. Biarkan anak mengerti – 252
3. Jangan bebani Anak – 255
4. Jangan terlalu akademik – 260
Penutup: saatnya kita mulai – 267
Cerpen: malaikat menyambutnya – 271
Tentang penulis -- 281