Butuh Bantuan? WhatsApp: 0821-3694-1626 Email: [email protected]

Buku Misteri Umur 60

Buku Misteri Umur 60

Spesifikasi

ISBN9799879450
Halaman132
Dimensi (cm)12 x 18
Berat (gram)118
HargaRp 22.000
SampulSoft Cover

“Alah… masih lama, kenapa harus dipikirin?” Celetuk beberapa orang. Memang sesuatu yang belum terjadi acapkali diremehkan. Apalagi soal maut, semua sepakat bahwa mereka kelak akan mati. Namun, sayangnya mereka tidak mengimbanginya dengan amal shalih. Artikel ini bukan semata-mata menyoroti orang lain tapi penting juga buat yang menulis. Karena peringatan itu bermanfaat bagi orang beriman. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

وَذَكِّرْ فَإِنَّ الذِّكْرَىٰ تَنْفَعُ الْمُؤْمِنِينَ

“Dan tetaplah memberi peringatan, karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman.” (Surat adz-Dzariyat: 55)

Jangan sampai Anda menyesal di Neraka dan meminta dispensasi (keringanan) kepada Allah Ta’ala, Lantas Allah pun menjawab,

أَوَلَمْ نُعَمِّرْكُمْ مَا يَتَذَكَّرُ فِيهِ مَنْ تَذَكَّرَ وَجَاءَكُمُ النَّذِيرُ فَذُوقُوا

“Bukankah Aku telah memanjangkan usia kalian dalam masa yang cukup untuk berfikir bagi orang yang mau berfikir, dan (apakah tidak) datang kepada kamu an-Nadzir (pemberi peringatan)? Maka rasakanlah.” (Surat Fathir: 37).

Rasulullah mengingatkan dalam banyak sabdanya, di antaranya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَعْذَرَ اللَّهُ إِلَى امْرِئٍ أَخَّرَ أَجَلَهُ حَتَّى بَلَّغَهُ سِتِّينَ سَنَةً

“Allah memberi udzur kepada seseorang yang Dia akhirkan ajalnya, hingga sampai usia 60 tahun.” (HR. al-Bukhari, 6419).

al-Imam al-Hafidz Ibnu Hajar al-Asqalany menjelaskan, “Makna hadits ini adalah udzur dan alasan sudah tidak ada, misalnya ada orang mengatakan, ‘Andai usiaku dipanjangkan, aku akan melakukan apa yang diperintahkan kepadaku.’ Ketika dia tidak memiliki udzur untuk meninggalkan ketaatan, sementara sangat memungkinkan baginya untuk melakukannya, dengan usia yang dia miliki, maka ketika itu tidak ada yang layak untuk dia lakukan selain istighfar, ibadah ketaatan, dan konsentrasi penuh untuk akhirat.” (Fathul Bari, 11/240)

Ulama’ lainnya menambahkan, yakni beliau al-Maghamisi, beliau berkata, “Bukan maksud hadits ini ialah orang yang usianya di bawah 60 tahun, berarti dia punya alasan di hadapan Allah. Karena semua orang tidak memiliki alasan di hadapan Allah (untuk melanggar) setelah Allah mengutus para Rasul-Nya dan menurunkan kitab. Namun maknanya berupa motivasi bagi manusia yang telah mencapai usia ini untuk semakin bertaqwa kepada Allah di sisa usianya.” (Syarh ar-Raqaiq min Shahih Bukhari)

(Disarikan dari konsultasisyariah.com/23963)

Jika sekarang, Anda belum genap berusia 60 tahun, apa yang Anda lakukan? Menambah amal ketaatan atau justru menumpuk dosa dan segenap kemaksiatan? Celalah diri-diri kalian, “Diriku … oh diriku … dosaku … oh dosaku.”

Daftar Isi

DAFTAR ISI
Pedoman transliterasi – v
Mukadimah – 1
Kenapa harus 60? – 9
Usia 60 menurut Al-Qur’an dan As-Sunnah – 23
Usia 60 menurut para ulama dan orang-orang shalih – 45
Usia 60 tahun menurut umat agama lain – 55
Umur 60 tahun dan uban rambut – 63
Umur 60 tahun dalam syair dan sastra – 81
Kisah tentang kematian orang yang berusia 60 tahun – 87
Beberapa hgalyang harus dihindari pada usia 60 – 95
Yang pantas dilakukan orang berusia 60 – 105
Penutup – 115

checkout empty

Items

Total

total
qty
tax
taxrate
shipping
grandtotal
Setiap hari 09:00 - 18:00 WIB (kecuali hari libur nasional)
Somontalen RT 02 RW 04, Gang Mangga, Ngadirejo, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57556
Copyright © Buku Bagus 2020
envelope-owhatsappshopping-bag linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram