Butuh Bantuan? WhatsApp: 0821-3694-1626 Email: [email protected]

Buku Pendidikan Anak Dalam Islam

Penerbit:

Buku Pendidikan Anak Dalam Islam

Penerbit:

Spesifikasi

ISBN9791296758
Halaman938
Dimensi (cm)17 x 24
Berat (gram)1302
HargaRp 170.000
SampulHard Cover

“ Saya belum pernah mendapati seseorang yang mampu menulis tentang pendidikan anak menurut pandangan islam yanag sangat luas dan benar seperti yang dilakukan oleh Al-Ustadz Asy-Syaikh ‘Abdullah ‘Ulwan.” ( Syaikh Wahbi Sulaiman Al-Ghawajji Al-Albani)

Pendidikan terhadap anak merupakan faktor penting yang sangat diperhatikan di dalam islam. Buktinya, Nbi Muhammad SAW sangat menekankan hal ini kepada para sahabatnya. Sejarah telah mencatat ada banyak kaidah pendidikan yang dicetuskan oleh islam. Meskipun zamamn telah berganti, kaidah-kaidah tersebut tetap relevan untuk diterapkan di masyarakat.

Hanya saja, konsep pendidikan islam yang luhur itu mulai diabaikan oleh beberapa pendidik. Padahal jika ditilik dari segi kelengkapannya tentu konsep inilah yang paling lengkap, karena tidak hanya mementingkan pendidikan yang bersifat duniawi tetapi juga ukhrawi, sedangkan konsep lainnya lebih cenderung berat sebelah.

Malalui buku ini, anda akan mengetahui betapa luas konsep pendidikan anak di dalam islam. Apalagi risalah ini adalah karya dari seorang pakar yang memang menggeluti bidang pendidikan dalam islam, yaitu Dr. Abdullah Nashih Ulwan. Menariknya, penulis tidak hanya menawarkan konspe pendidikan saja, tetapi juga beberapa pemecahan masalah terhadap masalah kenakalan remaja yang jamak terjadi di masyarakat. Bahkan, penulis juga menyampaikan beberapa tanggung jawab pendidik yang salah satunya adalah tanggung jawab pendidikan seksual kepada anak,

Oleh karena itu, tak berlebihan jika buku ini mendapat predikat sebagai karya yang fenomenal.

Daftar Isi

  • PENGANTAR PENERBIT – III
  • DAFTAR ISI – V
  • PENGANTAR CETAKAN PERTAMA – XI
  • PENGANTAR SYEIKH – XXV
  • PENGANTAR CETAKAN KEDUA – XXIX
  • PENGANTAR CETAKAN KETIGA – XXXII
  • BAGIAN PERTAMA
    • PASAL PERTAMA : PERNIKAHAN YANG IDEAL DAN KAITANNYA DENGAN PENDIDIKAN
        1. Pernikahan sebagai fitrah Manusia – 3
        1. Pernikahan sebagai kemaslahatan sosial – 5
          • a. Melindungi kelangsungan hidup manusia – 5
          • b. Menjaga Nasab – 5
          • c. Melindungi masyarakat dari kerusakan Moral – 5
          • d. Melindungi masyarakat dari berbagai penyakit – 6
          • e. Ketentraman jiwa dan rohani – 6
          • f. Kerja sama suami dan istri dalam membangun keluarga dan pendidikan Anak – 7
          • g. Menumbuhkan naluri kebapakan dan keibuan – 7
        1. Pernikahan berdasarkan pilihan – 8
          • a. Memilih (pasangan) berdasarlkan pondasi Agama – 8
          • b. Memilih berdasarkan keturunan dan kemuliaan – 11
          • c. Memilih orang yang jauh dari hubungan kekerabatan – 13
          • d. Lebih mengutamakan yang gadis – 14
          • e. Lebih mengutamakan menikah dengan wanita subur – 15
    • PASAL KEDUA : PERASAAN PSIKOLOGIS TERHADAP ANAK
        1. Secara fitrah, kedua orang tua pada dasarnya , mencintai anak – 19
        1. Cinta ke[ada anak adalah anugerah Allah kepada hamba – 23
        1. Membenci anak perempuan adalah perbuatan yang terkutuk – 25
        1. Keutamaan orang yang tabah dalam menghadapi kematian anak – 27
        1. Memprioritaskan urusan islan daripoada kecintaan kepada anak – 30
        1. Sanksi dan isolasi terhadap anak dan manfaatnya terhadap pendidikan – 33
    • PASAL KETIGA : HUKUM-HUKUM YANG BERKAITAN DENGAN KELAHIRAN
        1. Apa yang dilakukan pendidik saat kelahiran – 39
          • a. Memberikan ucapan selamat dan rasa turut gembira ketika seseorang melahirkan – 39
          • b. Mengumandangkan adzan dan iqamah ketika anak terlahir – 41
          • c. Mengunyahkan atau menyuapkan kurma (tahnik) ketika anak terlahir – 43
          • d. Mencukur Rambut anak – 44
        1. Pemberian nama kepada Anak dan hukumnya – 46
          • a. Kapan anak diberi Nama? – 46
          • b. Nama yang disukai dan nama yang di benci – 47
          • c. Sunnah menggabungkan Nama anak dan bapaknya – 51
        1. Aqiqah dan hukum-hukumnya – 55
          • a. Definisi Aqiqah – 55
          • b. Dalil masyru’iyyah aqiqah – 55
          • c. Pendapat Fuqaha’ tentang Dalil Masyru’iyyah – 56
          • d. Waktu pelaksanaan aqiqah – 59
          • e. Apakah aqiqah anak laki-laki sama dengan anak perempuan? --- 60
          • f. Makruh memecah tulang hewan Aqiqah – 62
          • g. Hukum-hukum Umum seputar Aqiqah – 63
          • h. Hikmah disyariatkannya Aqiqah ---- 65
        1. Khitan dan hukum-hukumnya – 65
          • a. Makna Khitan – 65
          • b. Hadits-hadits yang menerangkan masyru’iyyah khitan – 66
          • c. Hukum khitan – 66
          • d. Apakah wanita juga dikhitan? – 70
          • e. Kapan diwajibkan dikhitan? – 71
          • f. Hikmah dari khitan – 71
    • PASAL KEEMPAT: SEBAB-SEBAB KENAKALAN PADA ANAK DAN PENANGGUNGANNYA
        1. Kemiskinan yang mendera keluarga – 75
        1. Perselisihan dan percekcokan antara bapak dan ibu – 76
        1. Perceraian yang dibarengi dengan kemiskinan – 77
          • a. Taatnya istri kepada suaminya secara baik – 77
          • b. Istri menjaga diri dan harta suaminya – 77
          • c. Istri tidak menolak ajakan suaminya jika ingin menggaulinya – 78
          • d. Suami wajib memeberikan nafkah kepada istri dan anak-anaknya – 78
          • e. Suami hendaknya memusyawarahkan segala urusan rumah tangga dengan istrinya – 78
          • f. Dilarang melihat kekurangan Istri – 79
          • g. Perlakukan istri dengan baik – 79
          • h. Membantu istri dalam melaksanakan pekerjaan rumah tangga – 80
        1. Kesenggangan yang menyita masa kanak-kanak dan remaja – 83
        1. Lingkungan dan teman yang buruk – 87
        1. Perlakuan yang buruk dari orang tua – 89
        1. Tayangan film kriminal dan pornografi – 92
        1. Merebaknya pengangguran di masyarakat – 93
        1. Keteledoran orang tua akan pendidikan anak – 96
        1. Anak yatim – 99
  • BAGIAN KEDUA : TANGGUNG JAWAB PARA PENDIDIK
    • MUKADIMAH – 105
    • PASAL PERTAMA: TANGGUNG JAWAB PENDIDIKAN IMAN
        1. Membuka kehidupan anak dengan ucapan La ilaaha Illallah – 112
        1. Mengajarkannya masalah halal dan haram setelah ia berakal – 112
        1. Memerintahkannya untuk beribadah saat umurnya tujuh tahun --- 113
        1. Mendidiknya untuk cinta kepada Nabi, kelaurganya, dan cinta membaca Al-Qur’an – 113
    • PASAL KEDUA: TANGGUNG JAWAB PENDIDIKAN MORAL
    • PASAL KETIGA: TANGGUNG JAWAB PENDIDIKAN FISIK
        1. Kewajiban memebrikan nafkah kepada keluarga dan anak – 163
        1. Mengikuti aturan-aturan kesehatan dalam makan dan minum – 164
        1. Membentengi diri dari penyakit menular – 165
        1. Mengobati penyakit – 166
        1. Menerapkan prinsip tidak boleh membahayakan diri sendiri dan orang lain – 167
        1. Membiasakan anak gemar berolahraga dan menaiki tunggangan – 168
        1. Membiasakan anak zuhud dan tidak larut dalam kenikmatan – 169
        1. Menanamkan karakter bersungguh-sungguh dan perwira kepada anak – 170
    • PASAL KEEMPAT: TANGGUNG JAWAB PENDIDIKAN AKAL
        1. Kewajiban mengajar – 200
        1. Tanggung jawab penumbuhan kesadaran intelektual – 227
        1. Tanggung jawab kesehatan akal – 236
    • PASAL KELIMA: TANGGUNG JAWAB PENDIDIKAN KEJIWAAN
        1. Minder – 239
        1. Takut – 245
        1. Perasaan memiliki kekurangan – 251
          • a. Penghinaan dan cercaan – 252
          • b. Memanjakan secara berlebihan – 256
          • c. Pilih kasih – 262
          • d. Cacat fisik – 264
          • e. Ketiadaan orang tua (yatim) – 267
          • f. Kemiskinan – 269
        1. Hasad – 275
          • a. Mencurahkan cinta kasih kepada anak – 276
          • b. Mewujudkan keadilan diantara sesama anak – 277
          • c. Menghilangkan faktor-faktor yang menyebabkan hasad – 279
          • d. Marah – 280
    • PASAL KEENAM: TANGGUNG JAWAB PENDIIDKAN SOSIAL
        1. Penanaman dasar-dasar kejiwaan yang mulia – 290
          • a. Takwa – 290
          • b. Persaudaraan – 292
          • c. Kasih sayang – 296
          • d. Itsar (mengutamakan orang lain) – 298
          • e. Memaaafkan orang lain – 300
          • f. Keberanian – 304
        1. Menjaga hak orang lain – 309
          • a. Hak orang tua – 310
          • b. Hak kerabat – 321
          • c. Hak tetangga --- 326
          • d. Hak guru – 333
          • e. Hak teman – 341
          • f. Hak orang yang lebih tua – 347
          • g. Kewajiban melaksanakan etika bermasyarakat – 354
          • h. Pengawasan dan kritik sosial – 399
    • PASAL KETUJUH: TANGGUNG JAWAB PENDIDIKAN SEKS
        1. Etika meminta izin – 424
        1. Etika melihat – 425
          • a. Etika melihat mahram – 426
          • b. Etika melihat tunangan – 429
          • c. Etika melihat istri – 430
          • d. Etika melihat perempuan yang bukan mahram – 431
          • e. Etika laki-laki melihat laki-laki – 434
          • f. Etika perempuang melihat perempuan – 436
          • g. Etika perempuang non muslimah melihat perempuan muslimah --- 438
          • h. Etika melihat anak remaja yang berparas tampan (al-Amrad) – 439
          • i. Etika perempuang melihat laki-laki yang bukan mahramnya – 440
          • j. Etika melihat aurat anak kecil – 442
          • k. Keadaan-keadaan terpaksa yang dibolehkan melihat – 4424
          • l. Melihat dengan tujuan untuk mengobati – 443
          • m. Melihat dengan tujuan memberikan keputusan dan kesaksian pengadilan – 443
        1. Menjauhkan anak dari hal-hal yang merangsang hasrat seksual – 445
          • a. Tanggung jawab pengawasan internal – 448
          • b. Tanggung jawab pengawasan eksternal -- 449
        1. Mengajarkan anak hukum-hukum syar’i yang berhubungan dengan usia remaja dan dewasa – 463
        1. Pernikahan dan hubungan seks – 472
          • a. Pandangan islam terhadap seks – 472
          • b. Mengapa Allah mensyariatkan pernikahan? – 478
        1. Menjaga kesucian diri bagi yang belum mampu menikah – 498
        1. Bolehkah mengajarkan seks secara terang-terangan kepada anak? – 502
  • BAGIAN KETIGA
    • PASAL PERTAMA: METODE DAN SARANA PENDIDIKAN YANG BERPENGARUH KEPADA ANAK
        1. Mendidik dengna keteladanan – 516
        1. Mendidik dengan kebiasaan – 542
          • a. Mengikatnya dengan akidah – 549
          • b. Menelanjangi kejelekan -- 550
          • c. Mengubah lingkungan – 553
        1. Mendidik dengan Nasihat – 558
          • a. Seruan persuasif yang disertai pengambilan hati dang pengingkaran – 562
          • b. Gaya bahasa kisah yang disertai pelajaran dan nasihat – 567
          • c. Pengarahan Al-Qur’an yang mengandung pesan dan nasihat – 571
        1. Mendidik dengan perhatian/ pengawasan – 603
        1. Mendidik dengan hukuman – 621
          • Kesimpulan – 639
    • PASAL KEDUA: KAIDAH-KAIDAH ASASI DALAM PENDIDIKAN
        1. SIFAT-SIFAT ASASI PENDIDIK – 643
          • a. Ikhlas – 643
          • b. Takwa – 644
          • c. Ilmu pengetahuan – 647
          • d. Santun/pemaaf – 649
          • e. Menyadari tanggung jawab – 651
        1. Kaidah-kaidah asasi pendidik – 669
          • a. Kaidah ikatan – 669
          • b. Kaidah memberi peringatan – 728
    • PASAL KETIGA: SARANA PENDIDIKAN
        1. Memotivasi anak untuk melakukan usaha/pekerjaan yang mulia – 818
        1. Perhatikan kesiapan Anak secara fitrahnya – 824
        1. Berikan kesempatan untuk bermain dan bersantai – 826
        1. Adakan kerjasama antara rumah, masjid, dan sekolah – 830
        1. Kuatkan hubungan antara pendidik dan anak – 834
        1. Selalu menjalankan manhaj pendidikan – 840
          • a. Pada waktu subuh/pagi hari – 841
          • b. Saat sore hari – 857
        1. Menyiapkan sarana wawasan yang bermanfaat untuk anak – 847
        1. Memotivasi anak untuk selalu membaca dan menelaah – 880
        1. Anak selalu menyadari tanggung jawabnya terhadap islam – 884
        1. Memperdalam semangat jihad anak – 889
    • PENUTUP
      • Penutup – 897
    • REFERENSI
      • Referensi – 901
    • BIOGRAFI PENULIS
      • Biografi penulis – 905
      • Karya-karya penulis – 905
Tambah ke Keranjang
70000
350

Pendidikan Anak Dalam Islam

checkout empty

Items

Total

total
qty
tax
taxrate
shipping
grandtotal
Setiap hari 09:00 - 18:00 WIB (kecuali hari libur nasional)
Somontalen RT 02 RW 04, Gang Mangga, Ngadirejo, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57556
Copyright © Buku Bagus 2020
envelope-owhatsappshopping-bag linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram